Hati-hati terhadap penipuan berhadiah yang mengatasnamakan PT.M-Kios

Hati-hati terhadap penipuan berhadiah yang mengatasnamakan PT.M-Kios melalui pesan singkat atau SMS yang lagi banyak beredar saat ini, intinya adalah jangan percaya jika ada nomor biasa yang sms anda dengan embel-embel anda memenangkan sebuah undian atau mendapatkan dana hibah dengan jumlah tertentu. Biasanya jumlah tersebut cukup besar kisaran 75.000.000 keatas... Siapa coba orang didunia ini yang tidak mau dengan uang sebesar itu...? Mungkin saja beberapa diantara kita tidak pernah memegang uang sebesar itu. Disinilah phisikolagis kita terganggu... Maaf bukan "gila" maksud saya tapi biasanya ketika seseorang berlebihan senang maka terkadang mengiyakan segala hal dan membenarkan hal-hal yang jika dalam kondisi normal tidak diterima oleh akal sehat misalkan memberikan akun perbank kita ke orang yang tidak kenal kemudian mentransfer uang dengan jumlah tertentu kepada orang yang tidak pernah anda kenal sebelumnya... Atau yang paling sering adalah kita mengirim sejumlah pulsa dengan nominal kisaran 200.000 keatas ke nomor yang tidak pernah anda punya sebelumnya dan mungkin saja tidak pernah ada hubungan kekeluargaan sebelumnya.
Kenapa itu semua bisa terjadi...???
Nah saya akan menjelaskan secara singkat modus dan tujuan dari kasuk penipuan ini.


  • Tujuanya adalah untuk memperkaya diri mereka sendiri baik individu maupun kelompok dengan cara yang tidak halal atau melakukan aksi penipuan. Ya mungkin saja kerjaan itu mereka lakukan tiap hari dan merasa nyaman sehingga menghalalkan segala cara untuk memperkaya diri dengan cara memperdaya korbannya.
  • Modusnya adalah dengan cara memperdaya korban dengan mengirimkan SMS ke target seperti pada SMS yang saya terima dibawah ini :

Maaf kami dari
PT.M-Kios sudah
menghubungi tapi
tidak tersambung
nomor anda meraih
hadah ke-2
pin: M248K81
cek pin anda di
www.mitramkios.tk




Nah ketika kita mendapatkan SMS dengan memberitahukan pada kita bahwa pemenangnya adalah nomor kita dengan pin palsu yang disertakan dalam SMS yang kita terima kemudian mereka tak lupa menyertakan alamat web palsu dan mengatasnamakan perusahaan terkenal seperti PT.M-Kios... Bagi pengguna telkomsel pasti tahu tentang PT.M-Kios karena setiap melakukan pengisian ulang pulsa pasti kita mendapat SMS pemberitahuan dari M-Kios kalau kita berhasil melakukan pengisian pulsa. Biasanya sasaran penipuan dari modus ini adalah pengguna telkomsel dikarenakan hanya pengguna telkomsel yang ada hubungan langsung dengan PT.M-Kios.
Kita biasanya diarahkan ke website yang terdapat nomor CS palsu atau penanggungjawab dari hadiah tersebut. Nah ketika korbannya sudah menghubungi salahsatu dari nomor tersebut biasanya mereka suruh korban mentransfer uang pajak atau cara yang biasa dilakukan adalah dengan menyuruh korban membeli voucer visik sebesar ratusan ribu rupiah kemudian mentransfer ke nomor mereka. Cara ini memang paling ampuh mereka gunakan karena biasanya orang didesa atau kampung yang berhasil diperdaya tidak atau belum memiliki ATM sehingga cara yang dianggap cepat dan mudah oleh mereka dengan nentransfer pulsa dengan alasan bisa ditukar sebagai ganti uang pajak pemenang hadiah. Biasanya orang yang mengerti akan mengabaikan pesan yang bernuansa penipuan namun banyak saudara-saudara kita dipedalaman yang berhasil diperdayakan oleh sekelompok manusia yang tidak bertanggungjawab.... Ini semua terjadi karena faktor ekonomi ikut andil didalamnya, kan bisa kita bayangkan tiba-tiba ada berkat sejumlah uang dengan nilai yang fantastis akan menjadi milik kita... Hayalanpun pasti kemana-mana.
Apa yang bisa meyakinkan anda dari tulisan ini kalau itu merupakan SMS penipuan atau berhadiah palsu ? Oke mari kita bedah SMS diatas :

"Maaf kami dari
PT.M-Kios sudah
menghubungi tapi
tidak tersambung"

Mari kita bahas potongan SMS ini.... Sebelum anda berpikir lebih jauh coba dikorelasikan dengan aktivitas HP anda apakah benar-benar tidak aktif atau selalu aktif 1x24 jam ? Jika memang anda merasa kalau HP anda selalu aktif maka langsung abaikan pesan ini.

"nomor anda meraih
hadah ke-2
pin: M248K81
cek pin anda di
www.mitramkios.tk"



Sekarang kita bahas potongan SMS diatas, perhatikan baik-baik pengetikannya saja sudah salah atau kurang teliti... Sebenarnya yang dimaksud adalah hadiah tapi mereka salah mengetik sehingga menjadi hadah, secara logika tidak mungkin perusahaan sebesar PT.M-Kios salah mengetik pesan SMS apalagi SMS tersebut memuat pesan yang sangat bernilai. Okelah kita berasumsi saja bahwa mereka juga manusia pasti punya salah.... Nah asumsi ini bisa dipatahkan oleh asumsi lain yaitu masa iya pesan yang isinya sangat penting mereka tidak koreksi... Pastinya perusahaan punya standart khusus.
Berikutnya adalah kita diyakinkan dengan anka unik atau pin sebagai nomor pemenang... Pertanyaannya adalah dimana kita cek keaslian oin itu ? Pastinya mereka sudah mengantisipasi akan hal ini dengan memberikan alamat web palsu yang berisi nomor HP kita beserta nomor pin tadi. Coba anda perhatikan baik-baik jika anda sempatkan diri membuka web palsu tersebut... Data diri tidak lengkap yaitu nama anda atau nomor identitas yang dapat dipertanggungjawabkan seperti KTP atau SIM.
Oya kenapa saya katakan websitenya bodong atau palsu ? Nah domain dot tk itu adalah domain gratisan yang bisa dimiliki oleh siapa saja... Jadi tidak mungkin perusahaan sebesar M.Kios menggunakan domain gratis... Eiiits tapi sabar dulu tolak ukurnya bukan di domain gratis atau berbayar semisal dot com karena ternyata www.mitramkios.com juga rupanya salahsatu dari jaringan penipuan mereka.... Sudah saya cek karena isi kontennya hampir mirip dengan www.mitramkios.tk.
Trus bagaimana dong tips yang paling baik untuk terhindar dari modus peniouan ini yang mungkin saja selalu berubah-ubah modus operandinya setiap waktu ?
Nah ikuti tips berikut ini :


  • Pertama : abaikan sms pemenangan undian atau sms serupa yang ada embel-embelnya hadiah.
  • Kedua : perhatikan nomor pengirim SMS tersebut... Kalau SMS nya menggunakan nomor biasa seperti +6285.../+6282... Atau nomor sejenislah, karena kalau sms yang berasal dari M.Kios pastinya tidak ada nomor pengirim SMS dan hanya ada nama pengirim SMS yaitu MKIOS.
  • Ketiga : Abaikan juga jika ada penelfon misterius yang berhubungan dengan undian berhadiah.



Oke sekian dulu yah tulisan saya kali ini... Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan semoga tidak ada lagi yang tertipu oleh undian bodong.
Terimakasih banyak atas kunjungannya... Mohon bantu share halaman ini keteman-teman yang lain semoga tidak tertipu lagi.
"HALAMAN INI AKAN TERUS DIUPDATE"

1 Response to "Hati-hati terhadap penipuan berhadiah yang mengatasnamakan PT.M-Kios"