Penjual smartphone yang "songong"

Kurang lebih jam 5 pagi saya di Telfon dari teman saya di UGM, saya dimintai tolong untuk mengatar karyawannya untuk membeli smartphone dan sekaligus memberi rekomendasi ke orangnya kira-kira smartphone apa yang sesuai dengan budgetnya. Saya akhirnya mengiyakan tapi bisanya nanti sore hari... Orangnya juga g keberatan jika membeli smartphone nya sore hari.
Sebelumnya saya berpesan agar mohon dikonfirmasi lagi nanti sore jika ada perubahan jam atau pembatalan mengingat pada hari itu jogja diguyur hujan deras banget dari pagi sampai sore hari.

Sore hari saya di BBM untuk dikonfirmasikan bahwa tetap jadi pergi ke mall untuk nemanin beli smartphone..., saya akhirnya bersiap untuk berangkat ke UGM namun sayang pada sore itu hujan belum juga redah... Saya menunggu kurang lebih 10 menit kali aja hujan redah... Eh ternyata tidak redah juga... Ya udah akhirnya saya ngambil keputusan harus tetap berangkat walaupun hujan deras. Ya untungnya saya punya mantel jadi tidak menjadi masalah walau hujan terus mengguyur.... Dan saya pun bergegas menuju ke rumah teman saya di UGM. Sesampainya saya di UGM saya di suruh duduk terlebihdahulu kemudian disuguhi minum... Sambil minum saya istrahat sejenak sambil berdiskusi dengan teman saya kira-kira smartphone apa yang bisa didapatkan dengan harga kisaran 700.000 - 1.000.000, akhirnya saya browsing dan ketemu smartphone dengan kisaran yang diinginkan.... Memang ada banyak brand lokal yang menawarkan smartphone dikisaran harga 700.000 - 1.000.000 namun diantara brand local tersebut kami filter lagi brand lokal yang cukup terkenal diantaranya adalah Evercoss, Advan dan Mito. Setelah kami filter diantara tiga brand itu maka pilihan kami terfokus pada brand Evercoss dengan seri A7T+... Ya dari segi spesifikasi sih sudah cukup lumayan jika kita melihatnya di atas kertas... Lain cerita jika digunakan langsung karena kemampuan atau sensasinya tidak seperti yang dibayangkan.
Spesifikasi singkat dari evercoss A7T+ adalah prosesor dualcore MTK Ram 512Mb Kamera belakang 5MP + lampu flash kamera depan 1.3MP, harganya dibandrol 725.000 tapi saya tidak menjamin kemampuan nya... Ya kalau dipikir seimbanglah dengan harga jual yang ditawarkan ke konsumen.

Nah akhirnya evercoss A7T+ menjadi target kami untuk dibeli.... Berangkatlah kami ke mall dengan ditemani oleh derasnya hujan dimalam itu dan suhu udara yang lumayan adem, namun semua itu tak membuat keberangkatan kami ke mall jadi batal... Dengan menggunakan mantel kami akhirnya berangkat menuju ke salah satu mall elektronik, kami bersepakat ke mall ini karena banyaknya pilihan smartphone yang ditawarkan. Kurang lebih perjalanan ke mall setengah jam karena kecepatan kendaraan cukup pelan berhubung cuaca yang kurang bersahabat dan jalanan yang macet.
Sesampainya kami di mall tersebut kamipun bergegas ke lantai dua, pertama kami ditawari oleh mbak dan mas yang berjualan smartphone dekat tangga tapi kami tidak sempat merapat karena smartphone yang mereka jual adalah smartphone kelas menengah keatas, kamipun hanya tersenyum kepada penjual sambil mengucapkan kata terimakasih sambil berjalan terus ketempan yang lain. Berikutnya kami disapa oleh penjual smartphone advan namun kami tidak merapat karena target awal adalah smartphone evercoss A7T+ dan kami pun berjalan trus kearah tengah... Nah disini ada tersedia banyak brand lokal maupun brand terkenal, masnya bertanya... Mau beli HP apa mas ? Sayapun menjawab mau beli smartphone evercoss mas... Penjualnya bertanya lagi, kalau boleh tau pengennya yang seri apa yah ...? Sayapun menjawab... Yang seri A7T+ ada ngak ya ? Kemudian masnya saranin.... Mending merek lenovo aja mas... Harganya ngak jauh beda. Oh gitu ya emang spesifikasi nya apa aja mas ? Sambil menyodorkan brosur kamipun membaca detail dari spesifikasi lenovo tersebut, ternyata diatas kertas evercoss lebih baik jika dibandingkan spesifikasi dari smartphone lenovo walaupun berbeda jika dikomparasikan sencara nyata.

Berikut ini merupakan spesifikasi lenovo dibandingkan dengan smartphone evercoss.
Kamera depan 2MP tanpa lampu flash dan tanpa kamera depan, RAM 512, prosesor dualcore MTK. Nah ketika teman saya melihat smartphone lenovo tersebut maka dia rupanya tertarik dengan lenovo walaupun spesifikasi diatas kertas jauh berbeda jika dibandingkan dengan evercoss. Lenovo sendiri merupakan brand dari china dan evercoss tersebut merupakan brand lokal indonesia. Akhirnya target smartphone yang akan dibeli berubah dari evercoss menjadi lenovo, namun ketika saya menanyakan harga katanya 825.000 dan bisa kurang menjadi 800.000 harganya sudah pas dan tidak dapat dikurang lagi. Kamipun akhirnya sepakat untuk putar dulu dilantai dua untuk membandingkan harga.... Ketika pas dipertigaan kearah utara ada stand disitu nama nya ngak usah saya sebutkan disini penjaganya laki-laki dan diapun menawarkan beberapa jenis smartphone, nah awalnya saya tidak tertarik mampir ke stand ini karena standnya juga tidak begitu besar tapi karena kami dipaksa untuk merapat ya akhirnya kamipun merapat kemudian masnya menawarkan ke kami beberapa smartphone dengan lembut suaranya mengatakan yuk dilihat-lihat aja dulu ngak apa-apa mau nyari smartphone yang mana ? Saya pun menanyakan harga smartphone lenovo yang menjadi target kami... Mas nya menjawab katanya ngak ada kalau merek lenovo... Trus dia mengatakan coba lihat merek yang lain aja dulu... Kemudian saya menanyakan harga smartphone evercoss A7T+ tapi seri tersebut lagi-lagi tidak tersedia... Nah akhirnya mata saya tertuju pada smartphone asus zenfone yang ada di standnya, kan tidak ada salahnya kalau saya ngecek harga ya kali aja tertarik... Eh tiba-tiba orangnya tidak menjawab harga dari smartphone asus zenfone tersebut namun dengan nada atau suara yang lantang dia mengatakan "KAMU ITU PUNYA UANG NGAK SIH KOK BANYAK NANYA AJA HP EVERCOSS AJA NGAK MAMPU BELI MAU PAKE NANYA HARGA ASUS SEGALA. EMANG KALIAN MAU BELI HP YANG HARGA BERAPA JUTA...???" Hmm sayapun merespon dengan suara biasa... Oya maaf mas tadikan smartphone yang kami cari tidak ada katanya trus kenapa masnya marah-marah ? Dia pun menjawab ya sudah kalau ngak beli ngak usah banyak nanya.... Hahaha yang songong dan bego siapa ya...??? Kok saya malah jadi lucu kan dia yang awalnya nawarin tapi akhirnya dia juga yang marah-marah.

Akhirnya kami berjalan kearah utara dan kemudian membeli smartphone lenovo tersebut berhubungan barangnya tersedia dan harganya yang murah yaitu 700.000 selisih 125.000 dengan stand sebelumnya. Setelah kami selesai belanja kamipun kembali ke lantai satu melewati eskalator yang kebetulan tangga turunnya berada dibagian selatan.... Kami pun melewati stand masnya yang sebelumnya marah-marah sambil menenteng smartphone tersebut. Yah wajahnya sih terlihat kesal walaupun pandangannya tak terlepas dari barang bawaan kami.
Rupanya pedagang itu tidak pernah mendengar sebuah kutipan yang mengatakan bahwa konsumen itu adalah RAJA. Hmmm kalau model pelayanan seperti itu mau siapa yang beli... ??? Sedangkan kita tau kalau margin keuntungannya tidak besar-besar amat belum lagi harus membayar biaya sewa tempat di mall yang tentunya tidak sedikit.

Sekian dulu tulisan saya kali ini..., semoga teman-teman lebih berhati-hati ketika berbelanja di mall. Semoga pengalaman ini bermanfaat bagi semua yang membaca tulisan ini.

2 Responses to "Penjual smartphone yang "songong""

  1. hahaha mungkin dia salah makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya dia kebanyakan makan sambal kali..., Hahahahaha

      Delete