Hak Asasi Manusia (HAM) itu adalah kebebasan seseorang tetapi dibatasi !

Apa sih yang dimaksud dengan Hak Asasi Manusia (HAM) ?

Hak Asasi Manusia adalah prinsip-prinsip moral atau norma-norma, yang menggambarkan standar tertentu dari perilaku manusia, dan dilindungi secara teratur sebagai hak-hak hukum dalam hukum kota dan internasional. Sebagai hak-hak dasar "yang seseorang secara inheren berhak karena dia adalah manusia, " dan yang" melekat pada semua manusia "  terlepas dari bangsa, lokasi, bahasa, agama, asal-usul etnis atau status lainnya.

Batasan Hak Asasi Manusia (HAM) Di Indonesia :

Berdasarkan Tap MPR Nomor XVII/MPR/1998 memuat “Pandangan dan Sikap Bangsa Terhadap Hak Asasi Manusia” yang bersumber dari ajaran agama, nilai moral universal, dan nilai luhur budaya bangsa, serta berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945. Dalam Pasal 1 Piagam Hak Asasi Manusia dimuat ketentuan tentang hak untuk hidup yang berbunyi, “Setiap orang berhak untuk hidup, mempertahankan hidup dan kehidupannya”, namun dalam Pasal 36-nya juga dimuat pembatasan terhadap hak asasi manusia termasuk hak untuk hidup sebagai berikut, “Di dalam menjalankan hak dan kebebasannya setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan-pembatasan yang ditetapkan oleh Undang-undang dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain, dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis”

Sebagai warga negara indonesia yang baik seharusnya tunduk terhadap undang-undang yang berlaku di negara ini karena Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di dirikan dengan landasan hukum yang jelas. Nah jika kita merujuk pada Tap MPR Nomor XVII/MPR/1998 seharusnya kita tidak seenaknya melakukan apa saja atas nama HAK Asasi pada diri kita dengan mengabaikan HAK Asasi orang lain sesuai dengan amanat peraturan Tap MPR Nomor XVII/MPR/1998. Sehubungan dengan pembatasan HAK Asasi manusia tersebut makan kita harus menghargai HAK Asasi orang lain ketika kita menggunakan HAK Asasi diri kita sendiri.

Sebagai Contoh (FAKTA) :

Di kost memiliki banyak kamar dan didalamnya terdapat banyak orang yang sedang berada didalam kamar. Pada suatu malam tepat nya jam 02.15 WIB terdengar suara nyanyian dan gitar yang cukup keras karena terdengar dari kamar kosan yang lain, tentunya pada jam begitu sudah banyak anak kost yang tertidur lelap namun ada juga yang masih sibuk dengan berbagai macam kegiatannya masing-masing. Awalnya saya biarkan saja suara gitar dan nyanyian itu tetapi lama kelamaan suaranya semakin terdengar keras dan pada akhirnya saya menegur dengan kata-kata yang cukup halus "Tolong suara gitarnya agak pelan karena sekarang masih jam 02.15 WIB" rupanya headset sedang terpasang ditelinganya sambil bernyanyi dan main gitar. Bukannya diterima dengan baik teguran saya malah dengan wajah yang agak marah dan dengan nada yang cukup keras dia mengatakan "Emang kenapa ? biarin aja".

Menurut pendapat saya orang tersebut sudah mengartikan HAK Asasi dirinya untuk bernyanyi sepuasnya tetapi telah melanggar dengan jelas Hak Asasi orang lain atas dasar ketertiban dan keamanan karena “Di dalam menjalankan hak dan kebebasannya setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan-pembatasan yang ditetapkan oleh Undang-undang dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain, dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis”.

INGAT...!!! Yang namanya KEBEBASAN itu tetap ada PEMBATASANNYA.

Sekian dulu tulisan kali ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Hak Asasi Manusia (HAM) itu adalah kebebasan seseorang tetapi dibatasi !"

Post a Comment